(Bukan) Giring Nidji

*cekrek,cekrek
"Wei ngapain lu foto-foto mulu ?" sahut Bejo kepada temannya, Budi
"Ini bagus jo pemandangannya, pengen gua share ke sosmed. Ig gua, facebook gua, semua sosmed gua," balas Budi
"Lah, ngapain dishare segala ? bakal apaan emang itu kalo dishare ? Ngehasilin duit ?" kembali Bejo bertanya dengan nada agak bingung.

"Yeh, seenaknya lu ngomong jo. Gua seneng kalo udah nyebar pemandangan yang menurut gua keren, apalagi di negeri sendiri. Pokoknya orang harus tau kalo Indonesia tu bagus. Makannya, gua gapeduli tuh uang-uangan. Yang penting, gua bisa nyebarin kebahagiaan gua waktu ngeliat view keren kek gini nih" jawab Budi sembali tersenyum sembari memegang kameranya.

Bejo terdiam. Merenung, sepertinya ia pernah mendengar kalimat yang sama dari orang yang berbeda.

"Ah, iya juga. Waktu itu di masjid sekolahan...." sahut Bejo dalam hati
________
2 tahun lalu di pelataran Masjid Al Araaf, kota Bekasi
"Bang, kenapa sih abang masih aja mau jadi mentor kita ?" ujar Dudung kepada Mentornya, bang Agoy

"Nah, bener banget bang. Jelas-jelas abang kan punya anak, istri, terus setiap weekday harus kerja....masih aja nyempetin buat ngementor kita di sekolahan tiap Sabtu Sore," Bejo ikut menyahut

"Gini Dung....Abang tuh tau nikmatnya beragama" Bang Agoy membalas dengan mata berbinar

"Hah ? Terus apa hubungannya ?" Dudung bingung

"Ibarat kata gini deh. Abang tuh kalau udah seneng sama sesuatu, pasti mau ngajak orang buat nyenengin hal tersebut. Misal abang suka sama Capcin (capucino cincau) pasti abang bakal rela-relain ngomong setengah mati ke temen-temen abang kalau Capcin ini enak, kalau mereka gabakal percaya ya abang bakal rela-relain buat nraktir mereka capcin. Biar mereka tuh setuju sama abang" lagi-lagi bang Agoy menyampaikan

"hemm hemm" Agoy,Bejo dan teman sekelompoknya ikut mengangguk tanda memahami arah pembicaraan.

"Nah, gitu kurang lebih temen-temen. Alesan abang masih mau ngementorin kalian, walau keadaan abang sibuk, tapi karena abang tau agama ini bener, bikin nikmat dan juga bikin nyaman....jadi gaperlu banyak alesan deh kenapa abang mau ngementorin kalian. Abang cuma mau, kalian ikut ngerasain nikmatnya beragama" jawab bang Agoy sambil tersenyum
_______

"Gaperlu banyak alesan ternyata ya buat nyebar kebaikan. Kalau kita udah seneng, pasti kita bakal rela memperjuangkannya" Bejo termenung

"Wei Jo! Ngelamun lu," Sahut Budi sambil menepuk pundak Bejo
"Eh, iya tadi mikirin UKT gua ini udah dibayar atau belum yak sama emak" 
.
.
.

Tidak perlu banyak alasan untuk tetap memperjuangkan kebaikan, terlebih saat kita sudah yakin kita berada di garis yang benar. Jika orang jahat diluar sana senang menyebarkan kejahatan dengan terstruktur, masaiya orang baik terus diam ?

Merdeka bukan berarti bebas dan melakukan keburukan. Merdeka harus dibarengi dengan kebaikan dan tuntunan.

Intinya, do what you love....love what you do. Don't smoking lah ya.


"Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu" -Q.S Muhammad : 7

Bandung, 17 Agustus 2020.

Komentar

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca, semoga dapat mengambil hikmah ya. Silahkan sebar jika dirasa bermanfaat hehe. Temukan aku di @mlukman215(instagram)

Postingan Populer